Senin, 13 Agustus 2012

LAPORAN KUNJUNGAN



LAPORAN KUNJUNGAN
INDUSTRI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN



















DISUSUN OLEH :
NAMA      : NINING AFDELINA
NO             : 04
KELAS     : XII TKJ 2


SMK NEGERI 1 MONDOKAN
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
HALAMAN PENGESAHAN

Laporan kegiatan kunjungan Industri program keahlian Teknik Komputer Jaringan disahkan pada :

Hari            :
Tanggal      :
Tempat       : Pusat TIK Nasional



                                                                                         Mondokan,      Juli 2012
                  Pembimbing,                                                             Wali Kelas,



             Joko Sutrisno, ST                                                    Fetri Wulandari
                                                                                     NIP. 19840603 20110 1 2016



                                                                                                  KAPRO TKJ,




                                                                                            Hari Purwoko, S.Si









KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulilah kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyusun Laporan Kunjungan Industri Tahun Ajaran 2011-2012.
Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan Kunjungan industri bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Mondokan.
Penyusunan laporan ini dengan melihat dan memperhatikan potensi dan mendapatkan informasi dan wawasan selama di dunia industri untuk menyalurkan keahlian yang dimiliki.
Kami menyadari dalam penyusunan laporan ini, masih banyak terdapat kekeliruan dan kekurangan untuk itu mohon kritik dan saran yang membangun dalam perbaikan laporan dikemudian hari.



















DAFTAR ISI

Halaman Judul ....................................................................................................... i
Halaman Pengesahan ............................................................................................ ii
Kata Pengantar .................................................................................................... iii
Daftar Isi .............................................................................................................. iv
BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ............................................................................... 1
B.     Tujuan ............................................................................................. 1
C.     Manfaat .......................................................................................... 1
BAB II    PROFIL
A.    Sejarah ............................................................................................ 2
B.     Tujuan ............................................................................................. 4
C.     Visi dan Misi .................................................................................. 4
BAB III   HASIL KEGIATAN
A.    Hasil Kunjungan Industri ............................................................... 5
BAB IV   PENUTUP
A.    Kesimpulan ............................................................................... .... 6
B.     Kritik .............................................................................................. 6
C.     Saran ............................................................................................... 6
LAMPIRAN ......................................................................................................... 7











BAB I
PENDAHULUAN

A.         Latar Belakang
Untuk menambah pengalaman siswa dalam pengetahuan jurusan di bidang masing-masing, yang telah didapatkan dari PRAKERIN. Sekolah mengadakan kunjungan industri yang telah dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2012 - 02 Juli 2012. Setelah kegiatan dilaksanakan siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis.

B.          Tujuan
Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah :
1.      Untuk menambah pengalaman siswa;
2.      Sebagai acuan untuk membuat karya tulis.

C.         Manfaat
Kegiatan ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan siswa dalam bidang perindustrian, selain itu juga sebagai refresing para siswa setelah selesai mengerjakan ulangan kenaikan kelas.














BAB II
PROFIL


A.    Sejarah
Sejarah berdirinya Fakultas Syariah dan Hukum ini tidak terlepas dari sejarah panjang IAIN Jakarta, yang berawal dari Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA). ADIA didirikan pada tanggal 1 Juni tahun 1957, dan untuk pertama kalinya mempunyai dua jurusan, yaitu jurusan Syariah dan Jurusan Bahasa Arab. Dalam perkembangan berikutnya, sesuai dengan fungsinya sebagai akademi dinas, dimana mahasiswanya hanya terbatas pada mereka-mereka yang mendapat tugas belajar (pegawai/guru agama) dari lingkungan Departeman Agama dari seluruh daerah di Indonesia. Jurusannya kemudian berkembang menjadi tiga, yaitu : Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab dan Jurusan Khusus Imam Tentara
Pada tanggal 24 Agustus 1960, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.11 tahun 1960 ADIA kemudian berkembang menjadi tiga Jurusan, yaitu : Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab dan Jurusan Khusus Imam Tentara. Pada tanggal 24 Agustus 1960, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.11 tahun 1960 ADIA pun diubah menjadi Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No.94 tahun 1963, tanggal 25 Februari 1963 diadakanlah pembagian tugas pembinaan antara IAIN Yogyakarta dengan IAIN Jakarta, dimana IAIN Jakarta bertugas untuk mengkoordinir Fakultas-Fakultas Agama Islam yang ada di lingkungan Jakarta Raya, Jawa Barat dan Sumatera. Peresmian pembagian wilayah pembinaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 1963, sekaligus dilakukan serah terima jabatan Rektor dari Prof.H.A.Soenarjo, SH kepada Prof.Drs.Sunardjo.
Pada saat dilakukan serah terima jabatan tersebut IAIN Jakarta mempunyai empat Fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Adab dan Fakultas ushuluddin di Jakarta serta Fakultas Syariah di Serang. Pada akhir tahun 1966 muncullah pemikiran untuk membuka Fakultas Syariah di Jakarta. Untuk itu dilakukan persiapan-persiapan sehingga dibentuklah suatu Tim yang dipimpin langsung oleh Rektor pada waktu itu dengan anggotanya; 1)Prof. Toha Yahya Umar MA; 2) Prof.H.Bustami A.Gani; 3) KH.A.Zaini Miftah; 4) H.Anshar Suryohadibroto; 5) Drs.H.Peunoh Daly; 6) Utja Djaelani; 7) Prof.H.Ibrahim Hosen; 8) Suwahjo Sumodilogo SH; 9) H.Ahmad Sukardja; 10) Muhammad Duni Arifin, dan 11) H.Rustan,SA.
Karena sarana dan prasarananya belum siap dan belum memadai, maka Fakultas Syariah Jakarta baru menerima mahasiswa mulai pada tahun ajaran 1968. Untuk tahap awal pimpinan Fakultas dirangkap oleh Rektor/Prof.Drs Sunardjo dan pelaksana hariannya diserahkan kepada Drs.H.Peunoh Daly, merangkap sebagai Ketua Jurusan Ilmu Agama di Fakultas Tarbiyah. Kemudian baru Rektor mengangkat KHM Syukri Ghazali sebagai pimpinan Fakultas Syariah pertama. Semenjak itu resmilah Fakultas Syariah Jakarta sebagai salah satu Fakultas di lingkungan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdasarkan SK Menteri Agama nomor : 159 tahun 1967.
IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang didalamnya ada Fakultas Syariah, menempati posisi yang unik dan strategis. Ia tidak hanya menjadi ‘jendela Islam di Indonesia’ tetapi juga sebagai simbol bagi kemajuan pembangunan nasional, khususnya di bidang pembangunan sosial keagamaan. Oleh karena itu, pengintegrasian ilmu agama dan ilmu umum penjadi hal yang sangat penting. Langkah yang diambil dalam pengintegrasian tersebut adalah perlunya dialihkan dari Institut menjadi Universitas. Langkah perubahan bentuk dari IAIN menjadi UIN mendapat rekomendasi dengan ditandatanganinya Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 4/U/KB/2001 dan Menteri Agama RI Nomor 500/2001 tanggal 21 Nopember 2001 yang merekomendasikan dibukanya 12 program studi umum di lingkungan UIN, dan setelah itu keluarlah keputusan presiden No 031 tanggal 20 Mei 2002 yang menetapkan perubahan bentuk dari IAIN menjadi UIN.
Dari perubahan tersebut, konsekuensinya bagi Fakultas Syariah adalah harus dibukanya Program studi umum. Oleh karena itu, yang dulunya Fakultas Syariah, menjadi Fakultas Syariah dan Hukum. Sampai saat sekarang, Fakultas Syariah dan Hukum memiliki 5 (lima) Program Studi, yakni; Akwal al-Syakhsiyah, Perbandingan Madzhab dan Hukum, Muamalah (Ekonomi Islam), Jinayah Siyasah, dan Ilmu Hukum.

B.     Tujuan
1.      Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, bidang keagamaan, sosial maupun sains dan teknologi;
2.      Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama, sosial dan sains teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

C.    Visi dan Misi
Ø  Visi
Berdaya saing tinggi dan terdepan dalam mengembangkan dan mengintegrasikan aspek keilmuan,  keislaman dan keindonesiaan.

Ø  Misi
1.      Menghasilkan sarjana yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global;
2.      Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendiidikan untuk mengembangkan dan mengitegrasikan aspek keislaman, keislaman dan keindonesiaan;
3.      Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi kepentingan keilmuan dan kemasyarakatan;
4.      Membangun good university governance dan manajemen yang profesional dalam mengelola sumber daya perguruan tinggi sehingga menghasilkan pelayanan prima kepada sivitas akademika dan masyarakat;
5.      Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga nasional, regional, maupun internasional.

BAB III
HASIL KEGIATAN

A.    Hasil Kunjungan Industri
Kunjungan Industri Teknik Komputer dan Jaringan di laksanakan di PUSTIKNAS yang berada di samping UIN Syarif Hidayatullah Aktivitaskunjungan industri di mulai pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Para siswa di ajak berkeliling di lab-lab yang ada di lantai 2 dan 3 yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda.
Lab Computer 2     Menggunakan program berbasis linuk
Lap Computer 3     Tempat untuk aplikasi
Lap Computer 4     Programing dandata based
Lap Computer 5     Untuk multimedia video dan animation
Lap Computer 6     Multimedia dan graphic design merupakan lab paling canggih  karena menggunakan program Majintos
Lap Computer 7     Graphic Information System
Lab Computer 8     Networking dan Telecommunication (sisco)
Lab Computer 9     Sun Solaris Based
Lab Computer 10   Computer Essential
Setelah acara kunjungan Industri PUSTIKNAS (Pusat TIK Nasional) selesai dilaksanakan, diantaranya berkeliling LAB yang memiliki fungsi tertentu. Kegiatan selanjutnya dilaksanakan dengan acara berfoto-foto bersama dengan Staf PUSTIKNAS.









BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Perkembangan IT semakin lama semakin berkembang dan semakin maju, dengan ini disimpulkan bahwa generasi muda jangan sampai ketinggalan jaman denganperkembangan yang ada. SMK Mencetak generasi yang siap pakai.

B.     Kritik
Kunjungan Industri Teknik Komputer dan Jaringan di PUSTIKNAS kurang begitu pas, karena kebanyakan kami dikenalkan pada sistem dan peralatan multimedia yang tidak digunakan pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

C.    Saran
Diharapkan suatu saat PUSTIKNAS dan SMK Negeri 1 Mondokan dapat bekerjasama kembali dalam kegiatan kunjungan Industri periode selanjutnya.
















LAMPIRAN

Ket 1. Gedung Pustiknas

Ket 2. Salah satu LAB di Pustiknas





Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda