Gmail atau Google Mail ini merupakan salah satu layanan terbaik yang disediakan oleh perusahaan IT kelas dunia Google inc. Dengan gmail kita dapat saling mengirim informasi secara gratis.
Membuat Account Gmail
Sebelum bisa menggunakan gmail pertama kita harus mendaftar.
Langkah-langkahnya:
1.Buka internet explorer atau mozilla firefox
2.Ketik http://gmail.com pada address bar explorer/mozilla.
3.Klik SignUp ke Gmail
4.Isi formulir pendaftaran yang disediakan
5.Jika berhasil, gmail akan memandu kita untuk menggunakannya, kita bisa mengabaikan layanan ini.
6.Email bisa segera digunakan tanpa perlu memanfaatkan pengaturan tambahan.
Membuka Email
Setelah selesai, berarti kita telah memiliki satu akun email di gmail. Nah, email dapat kita manfaatkan untuk berkomunikasi dengan semua orang diseluruh dunia.
Untuk masuk ke akun, kita harus login terlebih dahulu.
Langkah-langkahnya:
1.Buka lagi http://gmail.com lalu masukkan username dan password. Klik Sign in.
2.Tunggu sampai masuk kehalaman gmail.
3.Setelah selesai membaca email, kita bisa membalas email, meneruskan email itu ke orang lain.
Mengirim Email
Mengirim email merupakan aktivitas yang akan sering dilakukan sesuai kebutuhan. Kita bisa saja mengirim undangan, penawaran bisnis, ataupun motivasi kepada teman atau keluarga kita.
Langkah-langkahnya:
1.Klik Compose Mail di halaman akun gmail.
2. Didalam mengirim email ada 3 hal yang harus diisi:
To: alamat email yang dituju
Subject: judul email
Isi mail secara keseluruhan
3.Jika telah menulis, klik send
4.Jika berhasil mengirim email, maka akan ada pesan:
Your message has been sent…
Jadi kita tidak perlu ragu lagi email kita sampai atau tidak setelah membaca tanda pemberitahuan diatas..
Mengirim email ke banyak orang
Mengirim email kebanyak orang seringkali dimanfaatkan didalam berinternet. Terlebih lagi untuk para pebisnis online yang mengumpulkan email orang lain sebanyak mungkin dan kemudian mengirimkan penawaran-penawaran bisnis.
Langkah pengiriman email kebanyak orang sama dengan mengirimkan email ke satu orang. Gunakan tanda koma (,) saat memasukkan email yang belum tersimpan di email contact.
Langkah-langkah mengirim email:
1.Klik Contacts
2.Ceklist alamat email yang akan dikirim.
3.Email yang telah ditandai akan muncul dikolom To.
4.Ketik email beserta subjet/judul email.
5.Klik send
Attachments/Melampirkan File
Kelebihan lain dari berkirim email ini kita dapat menambahkan data file.
File yang dikirimkan dapat berupa: dokumen, text, gambar, video, atau software.
Semakin besar file, proses melampirkan file akan semakin lama.
Langkah melampirkan file pada email yaitu:
1.Klik compose mail.
2.Klik Browse
3.Pilih file yang akan dilampirkan, lalu klik Open
4.Setelah sukses terlampir, lanjutkan pengiriman email diakhiri dengan klik send.
Membuat Signature
Didalam memanfaatkan email, alangkah baiknya jika kita menyertakan tanda tangan (signature) pada email yang dikirimkan sehingga teman-teman yakin bahwa benar Anda yang menuliskan email tersebut.
Langkah-langkah membuat signature yaitu:
1.Klik settings
2.Pilih tab general, kemudian pilih opsi signature lalu isi keterangan yang diinginkan.
3.Keterangan yang diisi bisa berupa nomor kontak, alamat web, alamat rumah, atau penanda lainnya.
4.Jika selesai klik Save Changes.
Mengatur Email
Didalam internet kita sering memanfaatkan banyak layanan online berupa langganan artikel, informasi lomba, informasi lowongan kerja, dan lain-lain. Hal biasa jika dalam sehari kita menerima banyak email, terkadang bisa merepotka jika nantinya kita ingin mencari email yang diperlukan.
Agar mudah dan tersusun rapi, sebaiknya email kita dikelompokkan kedalam folder dan diberi keterangan. Tujuannya tentu saja ketika mencari email kita bisa langsung membuka di folder yang telah dibuat tersebut.
Langkah mengelompokkan email yaitu:
1.Ketik edit tabes.
2.Beri nama label, misalnya artikel, info penawaran, email teman.
3.Lalu klik create.
4.Selanjutnya klik tab filter lalu Create a new filter.
5.Masukkan kriteria penyaringan, misal: ad.gustian@gmail.com pada kotak form. Tujuannya, setiap ada email dari ad.gustian@gmail.com otomatis akan tersimpan ke folder email teman yang telah dibuat tadi.
Email Forwarding
Email forward ini dapat dimanfaatkan didalam berbagai kondisi, seperti:
a.Jika ada email masuk, kita ingin email tersebut diteruskan secara otomatis ke email orang lain..
b.Jika kita memiliki email resmi dari kantor, misal adegustiann@kantor.com (fasilitas adegustiann@kantor.com sangatlah terbatas) maka kita bisa mengalihkan ke satu email gmail yang memiliki fungsi yang lengkap.
c.Jika kita memiliki banyak email, kita tidak perlu membuka akun satu persatu. Email yang banyak itu bisa dikirimkan ke gmail yang biasa digunakan.
Caranya pengaturannya yaitu:
1.Klik Settings
2.Klik tab Forwarding and POP/IMAP. Masukkan email pada pilihan Forward a copy of incoming mail to, lalu pilih aksi yang ingin dilakukan. Agar email tetap di inbox, pilih keep Webmail adegustiann dot kantor Mail’s copy in the inbox.
3.Klik Save Changes
Hasilnya semua email yang masuk ke adegustiann@kantor.com akan alihkan masuk ke ad.gustian@gmail.com.
Informasi Tambahan Gmail
Ada beberapa informasi tambahan yang perlu diketahui dalam menggunakan gmail.
a.Dimana email bersembunyi..?
Terkadang ada email yang masuk tapi tidak ada di inbox, penyebabnya karena email tersebut dideteksi sebagai spam atau pesan yang tidak diinginkan (biasanya dari orang yang tidak dikenal yang memberikan informasi penawaran produk secara terus menerus).
Jadi, agar semua email yang masuk terbaca, tidak ada salahnya jika kita membuka email spam untuk memastikan kalau terdapat email penting yang tidak masuk ke inbox.
Langkah-langkahnya:
1.Klik folder spam.
2.Ceklist email yang bukan dianggap spam, lalu klik not spam . Email tersebut otomatis akan dipindahkan ke inbox.
b.Mengatasi Email Spam
Email spam isinya banyak yang tidak berguna dan hal yang tidak menyenangkan ketika email yang dikirim selalu sama.
Untuk mengatasinya ceklist email yang kita anggap sebagai spam lalu klik Report Spam. Otomatis email spam akan masuk ke folder spam.
c.Menggunakan Email POP3
Dalam menggunakan email, kita bisa memanfaatkan aplikasi tambahan email yang akan tersimpan ke dalam hardisk komputer kita.
Aplikasi yang dimanfaatkan seperti microsoft outlook atau Mozilla Thunderbird yang bisa didownload secara gratis.
Langkah-langkahnya cukup mudah dengan mengikuti arahan yang tersedia tanpa perlu menggunakan teknis khusus.
Setelah berhasil disetting, kita bisa menyimpan semua email yang masuk dan dapat dibaca tanpa harus online ke internet.
d.Memasukkan Email Sekunder
Tujuannya adalah jika kita lupa dengan password email, pemberitahuan akan dikirimkan ke email lain yang dimasukkan ke dalam settingan.
Langkah-langkahnya:
1.Klik settings, lalu klik tab Accounts , kemudian, klik Google Account Settings.
2.Klik edit pada email address.
3.Masukkan alamat email lain lalu klik Save
4.Buka email sekunder lalu klik link verifikasi dari Gmail.
5.Masukkan password untuk verifikasi, lalu klik Verify.
6.Setelah berhasil, pada personal settings, email akan bertambah.
7.Pengaruhnya, ketika lupa password, password baru akan dikirim ke email sekunder ini.
Untuk pengaturan email pada fasilitas email lain seperti yahoo.com prinsipnya sama. Perbedaan antara yahoo dan gmail cuma pada tampilan grafis dan fasilitas pendukung. Jika Anda menggunakan blog atau web, penggunaan Akun google akan lebih praktis. Jika Anda sering mencari berita dan hiburan, penggunaan akun yahoo bisa jadi pilihan.
Semoga Bermanfaat..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar