ARTIKEL

Rabu, 09 Februari 2011

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi
Media komunikasi yang digunakan pada masa lalu antara lain :
1. Pengenalan bentuk yang di tulis di dinding gua.
2. memukul batu sebagai suatu tanda berkumpul
3. Berteriak dengan keras.
4. Menggunakan simbol-simbol seperti huruf pictograf (bangsa sumeria), huruf hieroglif (bangsa mesir kuno).
5. Menggunakan kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus (mesir kuno) dan dari serat bambu (bangsa cina kuno).
6. Menggunakan kentongan (indonesia)

7. Menggunakan asap (indian).

8. Menggunakan prasasti dan daun lontar.

9. Telegraf, ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse berasal dari Amerika pada tahun 1837.

Media komunikasi yang digunakan pada saat sekarang ini antara lain :

1. Telepon, ditemukan oleh Alexander Graham Bell berasal dari Boston pada tahun 1876

2. Koran, Majalah.
3. Televisi : pembuatan televisi dimulai dengan penemuan tabung katoda sinar-X (Cathode Ray Tube-CRT) pada tahun 1897 oleh fisikawan jerman Ferdinand Braun , kemudian pada tahun 1927 film yang disertai gambar dan suara mulai dihasilkan, dan pada tahun 1938 George Valensi memberi ide untuk membuat siaran televisi berwarna.
4. Radio : ditemukan pertama kali pada tahun 1800-an, pada tahun 1895 diperkenalkan gelombang radio oleh Guglielmo Marconi yang berasal dari italia, kemudian pada tahun 1993 diperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation) oleh Howard Armstrong.
5. Internet : perkembangan internet diawali dengan diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960 yang dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika Melalui Proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang di sebut ARPANET. Kemudian pada tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Pada tahun 1989 diciptakan WWW (World Wide Web) oleh Timothy Berners-Lee yaitu program yang dapat menampilkan suara, gambar, film dan musik di internet.
6. dsb …

Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah perkembangan komputer di awali dengan lahirnya alat hitung tradisonal, antara lain :

1. Menggunakan keratan pada pohon.
2. Menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya serta menggunakan batu kerikil.
3. Menggunakan simpul-simpul pada tali sebagai lambang bilangan (bangsa indian inka di amerika selatan) yang disebut Kuipu.
4. Sekitar tahun 1800-an di temukan Abacus (Sempoa) di mesopotamia di pulau salamis dan hiroglif fir’aun di mesir. Abacus merupakan cikal bakal lahirnya komputer.
5. Menggunakan tulang-tulang Napier (Napier’s Bones) ntuk melakukan perhitungan logaritma.
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi alat hitung juga mengalami perkembangan yaitu dengan digunakannya kalkulator untuk melakukan perhitungan secara digital, dengan adanya kalkulator perhitungan yang rumit akan dapat diselesaikan dengan cepat.

Sejarah Perkembangan Komputer :
1. Tahun 1642 : Blaise Pascal menemukan Pascaline yaitu alat hitung yang berbentuk kotak dan menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk melakukan penjumlahan saja.
2. Tahun 1694 : Gottfred Wilhem Von Leibniz menyempurnakan pascaline sehingga bisa melakukan perkalian.3. Tahun 1834 : Charles Babbage membuat difference engine yaitu mesin untuk melakukan perhitunganPersamaa diferensial.
4. Tahun 1946 : Amerika Serikat dan University of Pennsylvania membuat komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang menggunakan tabung vakum. ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert dan John W.Mauchly.
5. Pertengahan tahun 1940-an , dikembangkan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yaitu komputer yang dilengkapi memori untuk menampung program dan data. EDVAC dirancang oleh Von Neumann.
6. EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
7. Tahun 1951 : Remington Rand mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) , komputer ini menjadi komputer komersil pertama yang digunakan oleh badan sensus amerika dan General Electric.
8. Tahun 1960-an : dikembangkan komputer generasi kedua yang sudah menggunakan teknologi transistor. Contoh : IBM 1401.
Munculnya bahasa pemrograman seperti COBOL dan FORTRAN.
9. Tahun 1975 : mulai di kembangkan software yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Contoh : word processing dan spreadsheet.
10. Tahun 1981 : IBM memperkenalkan penggunaan PC (personal computer) yaitu komputer yang dapat digunakan di rumah yang berbasis teks.
Apple Macintosh : memperkenalkan computer yang berbasis grafis dan penggunaan mouse pada komputer.
11. Pada saat sekarang ini perkembangan komputer dengan menggunakan pemakaian CPU, yaitu IBM PC/486, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (serial CPU buatan intel), AMD k6, Athlon, dsb.
12. Perkembangan komputer menuju ukuran yang lebih kecil yaitu Laptop dengan berbagai jenis ukuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar